Sunday, October 28, 2012

E-commerce atau perdagangan elektronik


            Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Pada era saat ini, media elektronik sudah menjadi salah satu media andalan dalam melakukan komunikasi dan bisnis. E-commerce atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet. Desakan bisnis lah yang menyebabkan para pelaku bisnis ingin menggunakan media elektronik sesuai dengan perkembangan teknologi.

            E-commerce merupakan bagian dari bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah dll. E-commerce juga memerlukan teknologi database, e surat atau email, dan alat pembayaran untuk e commerce.
           
            Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Pertama infrasturktur system distribusi, kedua infrastruktur pembayaran dan ketiga infrastruktur system informasi. Dalam hal kesiapan infrastruktur e commerce, bahwa semua transaksi akan diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual ke pembeli.           
            Terdapat tiga faktor apabila ingin membangun took e-commerce yaitu, viariabilitu, visibility dan velocity. Dalam banyak kasus, sebuah e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya team manajemen yang handal, pengiriman tepat waktu, pelayanan bagus, struktur organisasai yang baik,  jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus dll.

            Beberapa aplikasi umum dalam e-commerce yaitu, email, content managemen system (CMS), dokumen dan database, informasi pengiriman dan pemesanan, pelaporan informasi dari klien, system pembayaran, online shopping, internet banking, product digital/non digital. Contoh perusahaan e-commerce yang terkenal adalah ebay, amazon.com, pay pal dll.

1 comment:

  1. Hei kawan, karena kita ini mahasiswa Gunadarma, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
    Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    link studentsite.gunadarma.ac.id

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id

    makasi :)

    ReplyDelete